Jumat, 17 Desember 2010

Sambutan Penerimaan Hasil Belajar Siswa

Sambutan Penerimaan Hasil Belajar Siswa
SMP IT AZ-ZAHRA SRAGEN
SEMESTER GASAL 2010/2011


Assalamu’alaikum warahmatullahi barakaatuhu,

Teriring puji syukur kepada Allah SWT, sholawat serta salam selalu tercurah kepada sang junjungan Nabi Muhammad SAW.

Kami sampaikan beberapa hal tentang perjalanan pembelajaran di sekolah kita ini :

Teruntuk anak-anak tercinta,

Kami bangga padamu Nak, ber syukur memiliki siswa siswi seperti kalian = heboh, dinamis, ceria dan yang jelas kalo di tegur untuk diingatkan kalian selalu berpikir positif, semoga harapan itu bisa kalian wujudkan, untuk dirimu sendiri, bukan untuk siapa-siapa.

Padatnya agenda kita, bukan membuatmu terbebani, tetapi itu sebuah beban yang akan menguatkanmu. Manusia hidup tanpa beban, tentu suatu saat, dia akan membebani orang lain, mengapa, karena jiwanya tidak dilatih untuk suatu beban, dia lemah dan tidak kokoh, atau tidak terlalu kokoh, mudah patah dan terpelanting, ih ngeri.

Ujian semester, sudah kita laksanakan 5 pekan sebelum ujian dinas dimulai, waktu itu, 1 pekan untuk ujian hafalan ma’tsurot , 2 pekan kemudian ujian hafalan hadist arba’in, 1 pekan kemudian untuk ujian dari SMPIT kita dan 1 pekan lagi untuk remedial dan review, kemudian kita masuk ke ujian dinas … huffff, menghela nafas dulu. Capek ya nak, sebagai pengajar kami sering membayangkan keadaan kalian waktu tidur, tentu akan nyenyak, karena saking capkenya badan kalian, alahmdulillah, segarnya setelah bangun pagi dengan basuhan air wudhu ke muka kalian, suci, bening, serta memancarkan aroma cahaya ilahi dari wajah kalian, yah seperti itulah harapan kami pada kalian, teduh!

Apa hasil dari semua itu? Percumakah? Ooow tidak Nak, sama sekali tidak! Dari 76 siswa ternyata : ada 3 siswa yang mulai masuk beberapa surat di juz 28, ayo yang lain segera menyusul!

Dan itu semua insya Allah akan mendongkrak prestasi kita di suatu saat nanti, pondasi kita kuatkan lagi, sehingga yang masih belum tuntas bisa di TUNTASKAN pada semester berikutnya. Insya Allah We …..

Alhamdulillah … ustadz dan ustadzah juga capek, tetapi bahagia!

Buat Orang Tua / Wali,

Mari kembali kita syukuri atas karunia berupa anak-anak kita ini, anak yang ‘terlanjur’ dilahirkan, anak yang ‘terlanjur’ hidup, anak yang ‘terlanjur’ hidup bersama kita … mari kembali kita syukuri, karena banyak tingkah polah dan kesalahan yang mereka perbuat, sebanding pula dengan banyak potensi yang ‘sebenarnya’ mereka miliki. Sebenar-benarnya mereka hebat! Cuma, mereka belum menemukan guru yang hebat, atau orang tua yang hebat. Mari bapak/ibu sekalian, kita ‘orang tua/wali dan guru’ bersama-sama berusaha menjadi orang tua/wali dan guru yang hebat bagi mereka, sehingga mereka akan tumbuh menjadi manusia yang hebat pula, suatu saat, Amiin.

Kami sampaikan beberapa hal penting yang membuat kami ‘resah’ untuk menjadi perhatian kita bersama :
1. Masalah ‘Cinta’ lawan jenis
Beberapa anak terkena efek dari makin bertambahnya usia mereka, wajar dan manusiawi, namun perlu kita waspadai. Jika kai tahu tentang hal ini, maka yang kami lakukan adalah dengan pendekatan kejujuran, lalu mereka jujur (ada yang enggak jujur juga sih, yang seperti ini butuh penanganan lebih serius lagi) dan berterus terang, ‘ustadz saya memang jatuh cinta sama si fulanah, adik kelas saya’ … hehehe lucu ya! Alahmdulillah, puji syukur pada-Mu ya Allah.
Lalu tahapan kita lanjutkan pada : nasehat dengan pendekatan yang extra hati-hati, “
Nak, lepaskan saja dia, belum waktumu untuk itu, seperti halnya kamu masih kecil pengen mainan pisau, tentu orang tuamu melarangnya, bukan karena orang tuamu jahat, bukan, sama sekali bukan! Justru, mereka sangat mengkhawatirkan serta sangat menyanyangi mu. Nak, jika si fulanah di takdirkan untukmu, tentu suatu saat dia akan benar-benar menjadi milikmu secara halal, dan ustadz mendukung serta mendo’akanmu di saat itu”. “Kamu mengerti Nak?”,.
Lalu tahapan kita lanjutkan pada pembentengan internal, dilakukan dengan memperbanyak puasa, memperbanyak tilawah dan memperbanyak sholat sunnah. Alhamdulillah masalah ‘cinta lawan jenis’ ini membawa barokah tersendiri bagi siswa/siswi SMPIT Az-Zahra Sragen ini, efek positif yang muncul setelah penanganan ini adalah : anak secara alamiah akan ‘tentram’ bersama amal-amal yang mereka lakukan.

2. Masalah Kelompok
Usia mereka ini memang ‘cenderung’ untuk berkelompok sesuai dengan hobi dan kesenangan mereka, dan tipe seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Kelompok-kelompok yang sering timbul masalah diantaranya adalah : Kaya-Miskin, Laki – Perempuan, Klub Futsal, Grup Musik dll. Penangangan kami yaitu dengan menggali beberapa informasi yang tidak begitu detil (karena kalau detil, kehabisan waktu dan capek ‘hanya untuk’ sekedar mengumpulkan data). Lalu segera kita buka pembicaraan satu-demi satu, setelah itu kita rapatkan solusinya bagimana dan kita eksekusi hasil keputusan tersebut, satu-demi satu juga. Terakhir kita susun rencana ishlah dengan mempertemukan beberapa pihak yang ‘bersengketa’. Jika belum selesai juga, maka langkah selanjutnya yaitu mengundang orang tua/wali untuk bersama-sama memecahkan problem ini.

3. Masalah Kedisiplinan
Yah, ini lagi, ini lagi. Kami selalu berharap untuk kerjasamanya antara orang tua/wali beserta sekolah untuk bahu membahu tentang masalah kedisiplinan ini, diantaranya adalah : terlambat, buang sampah sembarangan, atribut pakaian, mbolos sekolah dll.

Buat Ustadz dan Ustadzah yang selalu sholih dan Sholihah, ea …

Kami sampaikan jazakumullah khairan jaza’ atas segala jerih payahnya selama ini, yakin, bahwa esok akan membahagiakan kita semua, bahagia yang sesungguhnya.

Kalau ada kesalahan, tentu kesalahan saya paling banyak, kalau ada kejelekan sekolah ini, tentu tersangka utamanya adalah saya dan kalau ada ketidak adilan, tentu penyebabnya adalah saya. Mohon untuk dimaafkan, di ikhlaskan dan esok akan kita perbaiki, tentu menjadi lebih baik lagi. Insya Allah.


Prestasi dan Peningkatan di Semester ini
Prestasi
1. Juara II Kreatifitas Mading Tingakat Kabupaten Sragen
2. Juara II Lomba Bahasa Jawa Jambore JSIT Jateng-DIY
3. Regu Favorit Putri Jambore JSIT Jateng-DIY
Peningkatan
1. Pengembangan Laboratorium IPA
2. Pengembangan 1.242 exemplar buku untuk perpustakaan
(semua itu masih rintisan, sehingga sederhana ala kadarnya dan masih butuh perbaikan terus menerus)

Puisi Pengharapan

Waktu kita
Ia akan benar-benar meninggalkan kita
Sendirian disebuah petak kecil nan pengap
Gelap gulita

Karena, tiada waktu lagi buat kita!

Sekaranglah waktunya
Untuk berkarya meraih asa
Di SMPIT Az-Zahra
Tercinta


Sragen, 18 Desember 2010
Kepala SMPIT Az-Zahra Sragen



Abdul Aziz KH, S.Si

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More