Selasa, 03 Januari 2012

Reportase Persela SMP IT Az-Zahra Sragen


Oleh : Fatimah Nurul 'Aziz / IX 

SMP IT Az-Zahra Sragen mengadakan Perkemahan Senin Selasa (Persela) pada Senin-Selasa, 31 September-1 Oktober 2011 di Buper Ki Ageng Srenggi, Sambirejo, Sragen. Persela tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP IT Az-Zahra Sragen.

Para siswa SMP IT Az-Zahra menyambut acara perkemahan ini dengan antusias. Setiap kelompok yang dibentuk oleh panitia, sering mengadakan pertemuan untuk membahas persiapan kemah tersebut. Para ketua pun sering berkumpul untuk diberikan pengarahan oleh Ust. Amir, selaku panitia kemah

Pada jam 9 pagi, Senin, 31 September 2011, rombongan peserta kemah SMP IT Az-Zahra berangkat menuju lokasi perkemahan. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit, sehingga rombongan SMP IT Az-Zahra sampai di lokasi pada jam 09:30. Dengan segera, barang-barang diturunkan dari truk dan diangkut ke lapangan tempat tenda akan didirikan.

Kelompok putri yang terdiri dari 6 kelompok mendirikan tenda di bagian sebelah kiri lapangan, sedangkan kelompok putra terdiri dari 4 kelompok mendirikan tenda di bagian sebelah kanan. Setelah semua kelompok usai mendirikan tenda, setiap kelompok memasak untuk makan siang. Tak terasa matahari sudah berada di atas ubun-ubun, waktunya untuk mendirikan sholat dhuhur berjamaah. Sholat dhuhur dilaksanakan di pendopo Buper Ki Ageng Srenggi dan dijama’ dengan sholat ‘asar. Selesai sholat, ada waktu untuk membereskan barang-barang bawaan dan makan siang sebelum upacara pembukaan.

Upacara pembukaan pun dimulai pukul 14.00 WIB., setiap ketua kelompok sebagai petugas upacara dan Ust. Abdul Aziz KH., selaku kepala sekolah sebagai pembina upacara. Upacara pembukaan berjalan dengan lancar dan khidmat. Acara selanjutnya adalah PBB. Namun sebelumnya, panitia mengadakan babak penyisihan lomba sepak bola untuk kelompok putra dan diambil dua pemenang untuk bertanding lagi di final esok hari.

Pada pukul 4, seluruh peserta kemah dikumpulkan di tengah lapangan untuk mengikuti kegiatan PBB. Bapak pembina yang diundang dari Kodim bernama Pak Budi Susanto. Setelah beberapa menit mendalami ilmu PBB, kegiatan dihentikan karena cuaca yang tidak bersahabat. Hujan turun dengan cukup deras, setelah mendapat perintah dari Pak Budi, seluruh peserta berteduh di pendopo dan sebagain lainnya menyelamatkan barang-barang pribadi dan kelompok di tenda masing-masing. Setelah berbasah-basah, peserta dan panitia kemah bernyanyi bersama di pendopo. Tak terasa, hujan mulai reda dan Pak Budi undur diri karena waktu hampir mendekati petang.

Sebelum sholat maghrib, peserta diberi waktu untuk membersihkan diri. Peserta putri tetap berada di pendopo, sedangkan peserta putra pindah tempat ke Mushola dekat pendopo. Selesai sholat maghrib dan isya’, para peserta mengumpulkan bahan makanan instan pada panitia untuk dimasak dan dimakan bersama. Sembari panitia memasak makan malam, sebagain peserta ada yang berbincang atau mengerjakan tugas dari panitia berupa tilawah 1 juz. Sebagian lainnya ada yang memakan snack yang dibawa dari rumah. Panitia dibantu oleh beberapa peserta putri untuk memasak, karena dapur darurat tersebut ada di pendopo. Semua peserta putri sudah selesai makan malam, bergantian dengan peserta putra untuk makan malam.

Acara selanjutnya adalah pentas seni oleh setiap kelompok dan dipandu oleh Ust. Dwi Purnomo. Biasanya di acara malam hari dinyalakan api unggun. Namun, karena sore tadi hujan, acara malam hari itu tidak diiringi oleh api unggun dan dilaksanakan di halaman depan buper. Seluruh peserta menampilkan pentas seninya dengan sebaik mungkin. Di tengah acara, panitia juga memberikan pentas seni yang tak terduga yang dibantu oleh teman-teman dari Sambirejo. Dengan pensi dari panitia, acara sempat terhenti untuk beberapa menit dan membuat seluruh peserta kemah menjadi gempar dan panik. Namun, keadaan mulai normal kembali dan dilanjutkan dengan lancar sampai akhir acara.

Pagi pukul dua pagi, seluruh peserta kemah sudah berkumpul di halaman. Ketua regu dikumpulkan dan diberi pengarahan untuk acara selanjutnya. Selesai memberikan pengarahan, seluruh peserta dikumpulkan di lapangan membawa senter, alquran dan alat sholat. Setiap kelompok diharuskan melewati rute yang sudah ditentukan oleh panitia. Acara pagi itu adalah Jelajah Malam. Hanya dengan berbekal penerangan senter, setiap kelompok meluncur satu per satu. Akhir dari rute tersebut adalah mushola milik masyarakat setempat. Alhamdulillah, acara pagi itu berjalan dengan lancar.

Rihlah pagi dimulai pukul 6. Semua peserta berkumpul di lapangan SD setempat. Setelah beberapa menit melakukan pemanasan, seluruh peserta jalan-jalan melewati tengah kampung. Melewati jalan kecil di antara sawah-sawah pedesaan. Dengan udara yang sejuk dan matahari yang masih hangat, menambah semangat para peserta untuk tetap mengikuti kegiatan. Sesampai di buper, sarapan pun sudah siap untuk disantap. Setiap kelompok berkumpul dengan masing-masing regu untuk sarapan bersama.

Acara selanjutnya adalah lomba untuk tiap regu. Kelompok putra memulai babak final permainan sepak bola dan diambil satu pemenang. Dan selanjutanya dilanjutkan dengan game-game ringan seperti ular naga dan gelang berantai. Ustd. Aprilia sebagai wasit putri dan Ust. Amir sebagai wasit putra. Tak terasa acara kemah sudah hampir selesai. Seluruh peserta dan panitia membereskan barang-barang bawaan dan memulai upacara penutupan. Upacara penutupan dimulai kira-kira pukul 10:30. Komandan dan petugas upacara pun sama seperti saat upacara pembukaan kemarin. Pada upacara penutupan, panitia membagikan hadiah untuk regu-regu yang memenangkan lomba-lomba selama perkemahan berlangsung.

Perkemahan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan para peserta perkemahan. Dengan segala antusias peserta serta semangat yang besar untuk menyambut acara ini, kemah pun berjalan baik seperti apa yang diinginkan panitia, walaupun ada sedikit kekurangan dalam menangani cuaca yang tidak bersahabat. Ini adalah pengalaman kemah pertama untuk SMP IT Az-Zahra Sragen. Semoga bermanfaat dan membuat SMP IT Az-Zahra tetap bersemangat untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan di masa mendatang.

Terima kasih untuk Ustadz-Ustadzah SMP IT Az-Zahra. Terima kasih untuk Bpk. Budi Susanto. Terima kasih untuk teman-teman SMP IT Az-Zahra. Terima kasih untuk semua teman-teman yang telah membantu kelancaran acara kemah. Terima kasih untuk Allah SWT yang telah memberi kelancaran dan kemudahan untuk acara ini.

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More